KIM Kota Surabaya Laksanakan Pelatihan Nge-Blog

KIM Kota Surabaya Laksanakan Pelatihan Nge-Blog Bareng Bunda Tri

Swaraguna - Saat ini Kota Surabaya berusaha untuk membentuk Kelompok Informasi Masyarakat hingga ke seluruh Kelurahan. Bila semua Kelurahan yang ada di Kota Surabaya ini berhasil di bentuk KIM, maka setidaknya ada 150-an KIM yang akan hadir di tengah masyarakat. Tentunya ini akan menjadi kekuatan yang besar untuk membuat Kota Surabaya semakin terinformasi dengan informasi yang baik dan positif. Namun pembentukan KIM ini bukanlah pekerjaan yang mudah dan perlu langkah-langkah yang taktis di lapangan. 

Meskipun target dari KIM Kota Surabaya adalah 150 KIM, tetapi yang di cari di sini bukanlah KIM yang berdiri ala kadarnya. KIM yang di bentuk nantinya harusnya sudah mempunyai visi dan misi yang sama dengan KIM Kota Surabaya. Visi dari KIM Kota Surabaya ini adalah "Terciptanya Jurnalisme Warga Yang Mampu Mengangkat Potensi Daerah". Sehingga anggota KIM di harapkan mampu untuk mengangkat kearifan daerahnya sebagai bagian dari branding lokal itu sendiri.

Dengan visi tersebut, anggota KIM di tuntut untuk menjadi pencari informasi yang kemudian di saring lalu di sebarkan kepada masyarakat di sekitarnya. Oleh karena itulah penguasaan teknologi ,khususnya di bidang media seperti Blog menjadi suatu keharusan dan wajib untuk di kuasai. 

Namun sayangnya, masih ada beberapa dari pegiat KIM yang belum menguasai pengelolaan Blog dengan baik. Maka dari itu, pada hari Minggu (21 Mei 2017) KIM Kota Surabaya melaksanakan program pelatihan pembuatan blog. Program Pelatihan ini bertajuk :Nge-Blog 90 menit bersama Bunda Tri. 

Bunda Tri merupakan anggota dari KIM Bahari Sukolilo Baru yang bersedia membagikan kemampuannya dalam mengelola Blog kepada pegiat KIM lainnya. Pelatihan ini di sambut antusias oleh anggota KIM yang lain. Pelatihan selama 90 menit ini berlangsung di BLC (Broadband Learning Center) yang ada di kawasan Taman Prestasi. Selain pelatihan membuat Blog, Bunda Tri juga membagikan tips-tips teknik dalam melakukan penulisan reportase.

Sebanyak perwakilan dari 10 KIM yang ada di Kota Surabaya ini mengikuti pelatihan yang di berikan oleh Bunda Tri dengan tekun. Saking semangatnya waktu yang di habiskan dalam pelatihan ini sempat melebihi dari waktu yang di agendakan dan melebar hingga 2 jam lebih.

Bony Prasanta Yudha, selaku Ketua Forum KIM Kota Surabaya menuturkan, bahwasannya sudah selayaknya anggota KIM memiliki kemampuan mengelola Blog. "Program Nge-Blog 90 menit bersama Bunda Tri ini akan menjadi program tetap dari KIM Kota Surabaya" tutur Bony. Nantinya selain di kawasan Surabaya Pusat, pelatihan ini akan berlangsung di kawasan Surabaya lainnya. Seperti Surabaya Timur, Surabaya Barat dan kawasan lainnya. "Asalkan di kawasan tersebut mempunyai BLC sebagai sarana pelatihan" sambung Bony. 

Bunda Tri selaku pengajar mengaku sangat gembira dengan semangat para peserta yang datang. "Dalam menulis tidak usah banyak di pikir, mengalir saja, kalau kebanyakan mikir malah ga jadi tulisannya" terang Bunda Tri kepada para peserta.

Pelatihan yang di gelar pada Hari Minggu ini di rasakan benar manfaatnya oleh para peserta yang hadir. Abdul Rochman dari KIM Kebonsari terlihat sangat bersemangat dalam mengikuti pelatihan ini. "Saya rasa masih banyak banyak anggota KIM yang belum sepenuhnya bisa menguasai Blog, oleh karena itu, pelatuhan ini harus terus di laksanakan" jelas Abdul Rochman. (Yanuar Yudha)     




     

   

Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar