KIM Swaraguna Berikan Tips Pengelolaan Media Kepada Rekan KIM Se-Jawa Timur

KIM Swaraguna Berikan Tips Pengelolaan Media Kepada Rekan KIM Se-Jawa Timur


Swaraguna - Pada hari Kamis (18 Mei 2017), bertempat di Aula Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, di laksanakan kegiatan workshop yang di beri nama Workshop Jurnalistik Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Provinsi Jawa Timur. Tema yang diambil dalam kegiatan ini adalah Memperkuat Media Informasi Daerah Dengan Memperkuat Peran KIM Sebagai Jurnalis Warga. Acara yang di mulai pada pukul 08.00wib ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada seluruh anggota KIM tentang bagaimana mengelola suatu media dengan baik.

Errol Jonathans selaku CEO dari radio Suara Surabaya (radio SS) mengungkapkan bahwasannya pengelolaan media membutuhkan konsistensi dan dedikasi yang amat tinggi. Di perlukan suatu kredibilitas yang tinggi agar suatu media bisa di terima di masyarakat. Errol juga menjelaskan bahwasannya saat ini radio SS telah mempunyai sekitar 1,3 juta warga yang dengan setia akan mengirimkan info/berita secara sukarela kepada radio SS.

Errol juga menuturkan bagaimana awal berdirinya radio SS pada tahun 1983. "Butuh setidaknya 10 tahunan untuk radio SS hingga akhirnya bisa mendapatkan income dan menghidupi operasionalnya" jelas Errol.

Dalam kesempatan kedua, Kim Swaraguna yang di wakili oleh Rizki Rahmadianti memberikan tips-tips bagaimana pengelolaan media yang di lakoni oleh kelompoknya. Menurutnya pengembangan suatu media saat ini tidaklah terlepas dari peran media sosial. Hal ini untuk menunjang datangnya pengunjung di website yang KIM kelola. "Semakin tinggi traffick pengunung, maka semakin banyak rupiah yang bisa kita peroleh" tutur Rizki. KIM Swaraguna kemudian membuat pula fanpage kabarsurabaya sebagai buzer dari web-web yang di miliki oleh KIM Kota Surabaya.

Bony selaku Ketua Forum KIM Kota Surabaya mengungkapkan bahwasannya rekan-rekan Kim Kota Surabaya mempunyai jiwa sebagai relawan. Mereka sudah tidak lagi mengharapkan adanya dana dari APBD, Karena memang tidak ada dana untuk KIM. "Yang di perlukan saat ini adalah kemauan untuk membangun kota atau daerah kita masing-masing,"tutur Bony.

Pada sesi terakhir, Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur selaku tuan rumah memberikan kesempatan untuk rekan-rekan KIM Se-Jawa Timur untuk mengisi portal KIM Jatim di alamat KIM.Jatimprov.go.id. Para rekan-rekan KIM bisa mengirimkan artikel daerahnya masing-masing untuk dapat di muat di portal KIM ini. Bagi yang artikelnya di muat akan ada honor bagi penulisnya. (Yanuar Yudha)   
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar