Menjelang Bulan Puasa, Pemkot Surabaya Laksanakan Bazar Ramadhan

Swaraguna - Menjelang bulan puasa, biasanya harga-harga kebutuhan bahan pokok akan selalu mengalami kenaikan. Kenaikan harga ini akan berlangsung terus hingga menjelang Lebaran nanti. Saat ini tercatat, yang paling besar kenaikannya adalah harga bawang putih. Di sejumlah pasar, kenaikannya sangat terasa. Dari yang semula rata-rata Rp 35.000, sekarang harganya sudah mendekati Rp 60.000.  

Selain bawang putih, harga ayam potong juga mengalami kenaikan meskipun tidak terlalu signifikan. Dari harga Rp 27.000 sekarang harganya menjadi Rp 30.000 untuk per-kilonya. Sedangkan komoditas daging sapi harganya terpantau tetap. Meskipun harganya masih tergolong tinggi, yaitu Rp 120.000-an/kilo, untuk daging kwalitas sedang (Rawonan). Harga ini berdasarkan pada pantauan harga yang ada di Pasar Tradisional Supoyono-Rungkut.

Untuk mengantisipasi lonjakan harga ini, Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Perdagangan mempunyai program yang bernama Bazar Ramadhan. Program ini nantinya di harapkan dapat meringankan beban masyarakat dalam memasuki bulan Ramadhan.

Bazar Ramadhan ini akan di ikuti oleh para produsen serta Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kota Surabaya. Dalam kegiatan ini akan di jual berbagai kebutuhan pokok sehari-hari dan kebutuhan lebaran. Pemkot menjamin bahwa semua produk yang di jual dalam program ini harganya berada di bawah harga pasar. 

Para produsen yang ikut serta dalam Bazar Ramadhan ini antara lain PT.Bulog yang akan menjual beras 5kg seharga Rp 45.000. Rumah Potong Hewan (RPH) Surabaya juga siap mensuplai daging sapi lokal dengan harga mulai Rp 70.000/kg. 

Agar produk yang di jual bisa merata, maka Pemkot Surabaya berencana melaksanakan program Bazar Ramadhan ini ke 10 Kecamatan. Kecamatan yang di pilih untuk melaksanakan program ini adalah :

1. Kecamatan Gayungan, akan di laksanakan di halaman kantor kelurahan Dukuh Menanggal (Jl. Dukuh Menanggal XII/6). Pada tanggal 26 - 28 Mei 2017.
2. Kecamatan Wiyung, akan dilaksanakan di halaman kantor Kecamatan Wiyung (Jalan raya Wiyung). Pada tanggal 29 - 31 Mei 2017.
3. Kecamatan Sukolilo, akan di laksanakan di Terminal Keputih. Pada tanggal 31 Mei - 2 Juni 2017.
4. Kecamatan Sukomanunggal, akan di laksanakan di lapangan RW III (Jalan Simohilir/Jalan Simomulyo baru). Pada tanggal 2 Juni - 4 Juni 2017
5. Kecamatan Bulak, akan di laksanakan di Sentra Ikan Bulak.  Pada tanggal 5 Juni - 7 Juni 2017
6. Kecamatan benowo, akan di laksanakan di Gedung Pandansari.  Pada tanggal 7 Juni - 9 Juni 2017
7. Kecamatan Semampir, akan di laksanakan di Jalan Wonosari gang KB.  Pada tanggal 9 Juni - 11 Juni 2017
8. Kecamatan Pakal, akan di laksanakan di Balai RW XI Pondok Benowo Indah.  Pada tanggal 12 Juni - 14 Juni 2017
9. Kecamatan Tenggilis Mejoyo, akan di laksanakan di Lapangan Pringgodani Kutisari.  Pada tanggal 15 Juni - 17 Juni 2017
10. Kecamatan Tandes, akan di laksanakan di Balai RW I Manukan Lor. Pada tanggal 17 Juni - 19 Juni 2017

Program Bazar Ramadhan ini akan di buka mulai pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 21.00wib. Hal ini di lakukan agar warga yang siangnya masih bekerja, bisa tetap berbelanja pada sore atau malam harinya. 

Pemkot Surabaya berharap agar masyarakat bisa memanfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya. Jika animo masyarakat besar, maka pada tahun depan, Pemkot siap menambah cakupan program Bazar Ramadhan ini hingga ke kecamatan lainnya. 

Di temui di lokasi terpisah, Bobin Prasantya Yudha selaku Ketua Forum KIM Kota Surabaya juga menghimbau agar semua anggota KIM dapat menyebarkan informasi yang sangat bermanfaat ini kepada masyarakat. "KIM Surabaya telah tersebar hampir ke seluruh Kelurahan yang ada di Kota Surabaya, sehingga bisa menyebarkan informasi ini dengan lebih cepat" tutur Bony.

Tri Eko Sulistiowati (Bunda Tri) selaku anggota KIM dari Kecamatan Bulak mengaku sangat senang dengan adanya Bazaar Ramadhan di wilayahnya. "Warga akan sangat beruntung dengan adanya barang kebutuhan pokok yang murah dan semoga para pelaku UMKM bisa menjajakan dagangannya dengan laris" jelasnya. (Yanuar Yudha)

Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar