PPDB Di Rungkut Menanggal Di Warnai Gangguan Server

PPDB Di Rungkut Menanggal Di Warnai Gangguan Server

Swaraguna - Hari Senin pagi (29/5/17) di halaman SDN Rungkut Menanggal I  No 582 Kota Surabaya tampak dipenuhi oleh para wali-murid. Kedatangan para wali-murid (orang tua siswa) ini dalam rangka untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah tersebut.

Para wali-murid ini tampak bersemangat sekali untuk mendaftarkan putra-putrinya. Pukul 06.30wib mereka sudah tampak bergerombol di salah satu kelas yang di gunakan untuk proses pendaftaran. Padahal sejatinya pendaftaran online baru akan di buka pada pukul 08.00wib.

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) ini sendiri nantinya akan berlangsung hingga 2 Juni 2017, dan setiap harinya akan di buka pada pukul 08.00wib dan berakhir pada pukul 16.00wib. Semua proses PPDB Kota surabaya ini semuanya berlangsung secara online dan terpusat,

Namun sayangnya proses PPDB pada hari pertama ini di warnai oleh server yang bermasalah. Meskipun waktu sudah menunjukkan pukul 08.00wib, ternyata website dari http://sd.ppdbsurabaya.net/ masih belum bisa di akses. Padahal para petugas yang terdiri dari beberapa guru di sekolah Rungkut Menanggal 1 Kota Surabaya sudah bersiap di depan komputer masing-masing.

Pihak sekolah yang meminta keterangan dari Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya mendapatkan jawaban bahwa server masih down dan masih di lakukan perbaikan. Hal ini ternyata mengecewakan beberapa wali-murid yang datang pada pagi ini.

"Tiwas budal isuk-isuk mas, tibakno ono gangguan" tutur Ahmadi kepada Swaraguna yang pagi itu mengantarkan putranya. "Mugo-mugo ae cepet, soale aku cuman ijin setengah hari" tambahnya.

Setelah menunggu hampir selama 2 jam, akhirnya website Dispendik telah di perbaiki dan pendaftaran bisa di lakukan secara normal.

Wali-murid yang mengantarkan calon peserta didik baru SDN Rungkut Menanggal I No 258 datang langsung ke sekolah dengan membawa persyaratan yang di tentukan, yaitu :

  1. Foto copy akte kelahiran calon peserta didik
  2. Foto copy Kartu Keluarga
  3. Foto copy ijasah TK (bila ada) masing-masing 1 lembar 
Data dari peserta ini kemudian di ambil dan di runut berdasarkan usia calon peserta didik bar dan kedekatan alamat calon peserta didik baru dengan lokasi SDN yang menjadi pilihan. Dari sini akan di tentukan jumlah poin yang ada. Semakin banyak poin yang dimiliki, semakin besar peluang di terima di sekolah ini. Penentuan poin ini berdasarkan urutan sebagai berikut : 

a) Poin Usia:
Usia = 7,0 - 12,0 tahun : 10 poin
Usia 6,7 - 6,11 tahun : 8 poin
Usia 6 - 6,6 tahun : 6 poin
Usia 5,6 - 5,11 tahun : 4 poin

b) Poin Kedekatan Tempat Tinggal :
Satu RT : 10 poin
Satu RW : 8 poin
Satu Kelurahan : 6 poin
Kelurahan tanpa SDN* : 5,5 poin
Satu Kecamatan : 5 poin
Luar Kecamatan : 3 poin
Luar Kota / Propinsi : 2 poin
* = Bagi calon peserta didik yang bertempat tinggal di kelurahan yang belum memiliki SDN di wilayahnya, dapat mendaftar pada SDN di Kelurahan terdekat.

Apabila terjadi kesamaan jumlah total skor dari beberapa calon peserta didik, maka prioritas diberikan kepada calon peserta didik yaitu berdekatan dengan sekolah , waktu pendaftaran dan disarankan Orang tua/ calon wali murid dapat memantau posisi dan status pendaftar dari manapun (rumah,kantor, warnet dll) melalui alamat situs http://sd.ppdbsurabaya.net/. (Yanuar Yudha)


Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar