Serpihan Surga Di Mangrove Gunung Anyar Surabaya




Serpihan Surga Di mangrove Gunung Anyar Surabaya

Swaraguna - Bicara tentang sisi timur Kota Surabaya tentunya tidak bisa di lepaskan dari adanya kawasan pantai dan mangrove. Salah satu kawasan mangrove yang terbilang cukup asri dan alami adalah kawasan yang ada di Kecamatan Gunung Anyar Tambak. Berbeda dengan yang ada di Kecamatan Rungkut yang sudah ramai akan pengunjung dan terlihat cukup sesak. Di Mangrove Gunung Anyar ini masih terlihat sangat tenang dari hiruk pikuk pengunjung. 

Mungkin karena faktor sepi inilah maka di Mangrove Gunung Anyar ini banyak terlihat banyak hewan liar. Hewan liar tersebut terdiri dari kera, bangsa unggas, seperti burung bangau putih, bubut jawa dan aneka burung lainnya. Bahkan sesekali nampak ular yang berukuran sedang nampak melingkar di batang mangrove yang besar.

Pada hari Minggu pagi, tim dari Swaraguna dan GATmedia berkesempatan untuk menjelajah Mangrove Gunung Anyar ini. Untuk bisa masuk ke kawasan mangrove, anda bisa masuk melalui gang RW1 Kelurahan Gunung Anyar Tambak yang ada di Kecamatan Gunung Anyar Tambak. Posisinya sekitar 100 meter dari Sekolah Tinggi Politeknik Pelayaran ke arah timur dan terdapat masjid Qiyamul Islam di mulut gang-nya. Dari mulut gang tersebut anda tinggal melanjutkan perjalanan sekitar 100 meter lagi. Setelah itu anda akan menemukan gapura dari kawasan Mangrove Gunung Anyar ini.

Kawasan Mangrove Gunung Anyar ini sebenarnya adalah wilayah dari kampung nelayan. Jadi tidaklah heran jika menjelang tengah hari akan banyak perahu yang pulang dari laut. Biasanya hasil tangkapan nelayan ini langsung mereka jual ke pengepul yang ada di pinggir dermaga.

Tanaman mangrove yang ada di kawasan ini terbilang cukup lebat, Ukuran pohon yang besar dan dedaunannya yang hijau akan membuat anda merasa sejuk jika menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu. Kicauan burung dan para kera yang berloncatan di batang pohon mangrove akan menjadi hiburan tersendiri bagi anda yang menyusuri sungai ini dengan perahu nelayan. Dengan perahu ini anda akan di antarkan sampai ke muara laut. 

Selepas dari berwisata dengan perahu, anda dapat sedikit oleh-oleh dari kawasan Mangrove Gunung Anyar ini. Anda bisa membeli aneka olahan kerupuk ikan dan udang serta ikan segar hasil tangkapan nelayan di kawasan ini. Di jamin keluarga di rumah akan senang dengan oleh-oleh yang anda anda bawakan. (Yanuar Yudhatama)








Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar