Meraup Rezeki Di Bazaar Ramadhan

Meraup Rezeki Di Bazaar Ramadhan

Swaraguna - Siang ini matahari masih memancarkan sinarnya dengan kuat. Waktu masih menunjukkan pikul 14.30wib, sehingga suara adzan Ashar belum berkumandang. Meskipun begitu aktifitas di depan Masjid Al-Wahyu yang terletak di perumahan Rungkut Menanggal Harapan Kota Surabaya sudah terlihat sangat ramai. Tampak beberapa orang sibuk untuk menata meja, kursi dan beberapa diantaranya nampak mendirikan tenda. Rupanya mereka adalah peserta dari Bazar Ramadhan yang di selenggarakan oleh takmir Masjid Al-Wahyu.

Bazaar Ramadhan ini adalah program rutin yang di agendakan setiap tahunnya pada saat bulan puasa tiba. Lokasinya berada di tempat parkir luar dari kawasan masjid. Bazaar ini mulai ramai di kunjungi oleh masyarakat sekitar pada pukul 15.30wib hingga sesaat sebelum waktu berbuka puasa.

Ada beraneka ragam dagangan yang di tawarkan dalam Bazaar Ramadhan ini. Seperti jajanan takjil, buah segar, sayuran matang untuk berbuka, minuman segar, serta lauk-pauk lainnya yang sangat menggugah selera. Selain itu terdapat pula beberapa pedagang yeng menjual aneka pakaian muslim dan mainan anak.

Yatino, salah satu takmir Masjid Al-Wahyu menjelaskan bahwasannya Program Bazaar ramadan ini telah ada sejak lebih dari 5 tahun yang lalu. kebanyakan para pedagang ini adalah meraka yang tinggal di kawasan perumahan Rungkut Menganggal Harapan. Namun ada pula yang berasal dari luar kawasan perumahan tersebut.

Ketika Swaraguna bertanya apakah ada uang iuran yang mereka harus bayarkan untuk berdagang di sini. Yatino menjelaskan bahwa uang iuran untuk mengikuti Bzaar Ramadhan ini adalah Rp 100.000 untuk warga Perumahan Rungkut menanggal Surabaya dan Rp 120.000 untuk pedagang yang berasal daru luar perumahan ini. "Ini sudah hitungan bersih mas, termasuk uang kebersihan juga" papar Yatino. Uang iuran ini berlaku untuk 1 bulan penuh selama mengikuti Bazaar ini.     

Nurul Fatimah, salah satu pedagang di Bazaar Ramadhan ini mengaku sangat menanti adanya program ini. "Saya ikut Bazaar Ramadhan ini sejak tahun pertama pelaksanaannya, lupa tahun berapa.." jelasnya kepada Swaraguna. Menurut Nurul program ini sangat membantu dirinya dalam menambah penghasilan keluarga. "Untungnya lumayan loh mas, bisa jadi sangu mudik" tutur Nurul yang selalu mudik ke Jombang di setiap Lebaran.

Menurut Nurul dagangan yang paling laris di Bazaar Ramadhan adalah lauk pauk dan jajanan untuk berbuka puasa. Karena itulah hampir separuhnya pedagang di sini adalah penjual makanan dan minuman. Bazaar ini akan berlangsung hingga mendekati Lebaran tiba, jadi jika anda ingin mencari takjil untuk berbuka puasa...langsung saja datang ke tempat ini. (Yanuar Yudha)     
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar