Benarkah Kabar Garam Mengandung Kaca ...?

Benarkah Kabar Garam Mengandung Kaca...?

Swaraguna - Benarkah Kabar Garam Mengandung Kaca Hanya Hoax Semata...? - "Berita Penting !!!, teman2, jangan pakai lagi garam cap 2 anak. garam ini ada campuran kaca yang di tumbuk halus. Ini positif, tolong kabari sanak family, tq".

Pesan inilah yang banyak beredar melalui media sosial, baik Facebook, Whatsapp, Line, Telegram dan lain sebagainya. Penyebaran info ini menjadi masif dan cepat sekali. Apalagi infonya menyebar di saat yang tepat, yaitu di kala negara Indonesia kekurangan stok gram nasional akibat musim yang tidak menentu.

Pesan berantai mengenai waspada garam yang mengandung kaca ini juga masuk ke gadget tim Swaraguna sejak pertengahan bulan Juli lalu. Ada beberapa merk produk yang di "catut" namanya dalam pesan ini, yaitu garam cap 2 Anak dan garam cap Karapan Sapi.

Hebohnya lagi, penyebaran pesan berantai ini semakin viral karena tidak ada penjelasan dari pihak terkait. Dalam hal ini adalah Badan pengawas Obat dan makanan (BPOM), Dinas Kesehatan ataupun dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Lamanya klarifikasi ini membuat masyarakat merasa resah dan gelisah terhadap garam yang mereka komsumsi.

Berikut adalah informasi yang Swaraguna dapatkan dari Merk garam yang terkena imbas dari pesan berantai tersebut.

  1. Garam cap 2 anak atau lengkapnya cap 2 Anak Pintar ini bergambar 2 anak yang memakai topi sarjana. garam ini merupakan produksi dari PT.Budiono MBP Indonesia. Garam ini sendiri telah lolos uji dari BPOM dengan nomor 245713009120. 
  2. Garam cap Karapan Sapi adalah garam produksi dari Sumatraco - Surabaya. Garam ini juga telah lolos dari uji BPOM dengan nomor 245713014011. 
Akibat pesan berantai yang tidak bertanggung jawab ini banyak petani garam yang resah. Di saat harga garam semakin tinggi akibat kelangkaan produksi, ternyata garam mereka kurang laku. Hal ini di ungkapkan oleh Tri Eko Sulistyowati (Bunda Tri) yang merupakan anggota Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Bahari yang lokasinya ada di pesisir pantai Surabaya. "Di sekitar rumah saya, banyak petani garam dan pegawai di pabrik garam yang mengeluh sebab stok barang mereka menumpuk di gudang karena kurang laku" keluhnya. 

Setelah lama di tunggu akhirnya Jumat kemarin (18/08/2017) pihak BPOM melakukan press release mengenai beberapa merk garam yang di tengarai mengandung pecahan kaca. Dalam klarifikasinya pihak BPOM mengambil 6 sampel dari mrek garam yang beredar luas di pasaran. Sampel garam tersebut adalah :
  1. Garam merk 2 Anak Pintar
  2. Garam merk Karapan Sapi
  3. Garam merk Ibu Bijak
  4. Garam merk S
  5. Garam Merk Gadjah
  6. Garam merk Sancil
Ada 3 parameter uji yang di lakukan oleh BPOM sejak sepekan sebelumnya, yaitu uji kadar air, Uji NaCl dan uji kadar yodium. Dari uji ini di ketahui bahwa adanya kandungan kaca yang sempat viral di media sosial ini sepenuhnya tidak benar alias Hoax. Yang terjadi hanyalah adanya kandungan kadar Yodium yang kurang pada beberapa merk garam. Dan pihak BPOM telah meminta kepada perusahaan yang bersangkutan untuk memperbaiki kandungn yodiumnya. 

Dengan adanya klarifikasi ini di harapkan masyarakat tidak lagi menyebarkan info tentang garam yang mengandung kaca dan tidak resah lagi untuk mengkomsumsi garam. PT Sumatraco Langgeng Makmur selaku produsen dari garam merk Karapan Sapi dan Sarcil juga telah mengambil langkah-langkah hukum untuk melaporkan akun Facebook yang di tengarai melakukan penyebaran info hoax ini. (Yanuar Yudha)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar