Haru, Sedih Dan Kegembiraan, Pecah Di Final LCCK Surabaya 2017

Foto by Yanuar satria putra

Haru, Sedih Dan Kegembiraan, Pecah Di Final LCCK Surabaya 2017

Swaraguna - Sabtu pagi pukul 07.00wib (29Juli 2017), suasana lapangan Flores mendadak ramai. Puluhan Orang tampak memadati lapangan sepakbola yang ada di depan Rumah Sakit Ibu Dan Anak Dua Dua. Di lokasi juga telah terpasang 1 tenda berukuran besar yang berisikan puluhan kursi. Sedangkan di depan telah berdiri 2 panggung berukuran sedang. Nuansa warna merah dan putih sangat kentara pada kegiatan ini.

Ternyata di Lapangan Flores ini akan berlangsung Final Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) Tingkat Kota Surabaya. Perlombaan ini menyuguhkan pertarungan sengit antar 3 KIM yang berlaga beserta para pendukungnya. KIM yang berlaga pada Final LCCK ini adalah KIM yang telah lolos pada babak penyisihan sebelumnya. 3 KIM tersebut adalah KIM Merdeka dari Kelurahan Morokrembangan Surabaya, KIM Karung Media dari Kelurahan Kali Rungkut Surabaya dan KIM Pokak dari Kelurahan Kebonsari Surabaya.  

Selang setengah jam kemudian berduyun-duyun datang beberapa kelompok orang yang berpakaian cukup unik. Ternyata mereka adalah para pendukung , serta anggota yel-yel yang akan ikut tampil untuk memeriahkan suasana. 

Para undangan dan  penonton rupanya sangat antusias untuk menyaksikan Perlombaan LCCK ini. Tampak beberapa undangan hadir dalam acara yang di selenggarakan oleh Dinas Kominfo Kota Surabaya ini, yaitu Kepala Dinas Pendidikan (Dr. Ikhsan, S.Psi, MM),  Kepala Dinkominfo (Ir. Antiek Sugiharti, M.Si)  , Kepala DP5A (Nanis Chairani)  dan beberapa jajarannya. Di lokasi ini juga terdapat beberapa dinas yang memberikan pelayanan langsung ke warga, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Pemadam Kebakaran, BNN dan banyak lagi lainnya. 

Tepat pukul 08.00wib, 3 KIM yang bertanding sudah duduk di atas panggung. Sebelumnya para anggota yel-yel dari masing -masing Kelurahan mempertontonkan kebolehannya. Anggota yel-yel ini menyuguhkan tarian dan nyanyian yang sangat kompak. Sesuatu yang unik di tampilkan oleh Kelurahan Kali Rungkut, yaitu dengan menampilkan warga disabilitas (Tuna netra) sebagai pengiring lagu. Ternyata para Tuna Netra ini sangat piawai dalam memainkan komposisi lagu. 

LCCK ini terbagi dalam beberapa babak. Pada babak pertama pertama KIM Merdeka sempat memperoleh perhatian juri dengan kekompakan pesertanya. Sedangkan KIM Karung Media mendapatkan pujian dari juri pada babak pemaparan mading. Pada babak ketiga, yaitu cerdas cermat ke-tiga Kim saling berebut nilai. Pada babak ke empat, yaitu teatrikal, ke-tiga KIM menampilkan fragmen sesuai dengan tema yang telah di tentukan sebelumnya. 

Event LCCK ini lalu di tutup dengan pengumuman pemenang. Pemenang pertama di raih oleh KIM Merdeka Morokrembangan dengan nilai 256.5. KIM Karung Media Kali Rungkut berhasil mendapatkan juara ke-dua dengan nilai 254.5. Sedangkan KIM Pokak Kebonsari menempati urutan ke-tiga dengan nilai 254. 

Selain mendapatkan trofi, para pemenang juga mendapatkan uang tunai sebesar, Rp 5.000.000 bagi juara pertama. Untuk juara kedua mendapatkan Rp 3.000.000 dan juara ke-tiga mendapatkan Rp 2.000.000. 

Gelaran LCCK kali ini juga di gabung dengan Pertunjukan Rakyat yang di kenal dengan nama Pertura. Hal ini di maksudkan agar warga Kota surabaya juga bisa mendapatkan hiburan yang di suguhkan oleh seniman-seniman dari Kota Surabaya. Pertunjukan Campursari dan Ludruk cilik juga sangat menyita perhatian penonton yang hadir saat itu. Keriuhan tawa penontong langsung terpancing begitu melihat pentas aksi anak-anak berusia 7 hingga 10 tahu yang tergabung dalam Ludruk cilik (Lurik). Kekonyolan dan guyonan khas Suroboyoan selalu bisa memancing tawa penonton. (Yanuar Yudha)
     
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar