KIM Mojo Kota Surabaya Maju Ke Tingkat Nasional

KIM Mojo Kota Surabaya Maju Ke Tingkat Nasional

Manunggal - Teriknya paparan sinar matahari rupanya tidak menyurutkan semangat para peserta Grand FinalLomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) IX Tingkat Bakorwil Jawa Timur yang berlaga di Taman Candra Wilwatikta - Pandaan - Kabupaten Pasuruan. Para peserta Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang berlaga pada hari Senin (11/09/2017) ini berasal dari 4 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Jawa Timur.
Total terdapat 4 peserta yang berlaga secara sengit pada LCCK kali ini, mereka berasal dari :
  1. Kota Surabaya, yang di wakili oleh KIM MOJO Kecamatan Gubeng
  2. Kota Madiun, yang di wakili oleh KIM Citra Kenanga 
  3. Kabupaten Pasuruan yang di wakili oleh KIM Tretes Taman Wisata
  4. Kabupaten Bojonegoro yang di wakili oleh KIM Sendang Putro
Menempati lokasi di taman kota yang merupakan ruang terbuka rupanya menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta yang berlaga. Hal ini di karenakan tidak adanya tenda besar yang menaungi mereka layaknya sebuah acara yang di selenggarakan pada siang hari. Sebuah atap mungil yang terbuat dari jerami saja yang menjadi pelindung mereka dari sengatan matahari yang bersinar sangat kuat pada perlombaan Grand Final LCCK ini.
Selain berpengaruh kepada para peserta, rupanya sengatan matahari ini juga mengakibatkan beberapa peralatan elektronok sempat terganggu. Hal ini juga di alami oleh KIM MOJO Kota Surabaya yang laptop-nya sempat ngadat dan mati pada saat perlombaan. "Kepanasan mas, untung sudah bawa laptop cadangan" tutur Anof Krisdianto selaku salah satuanggota dari KIM MOJO. Namun laptop cadangan-pun juga terkena overheat akibat paparan sinar matahari. Total KIM MOJO harus berganti laptop selama 3 kali dalam perlombaan ini.
Acara Grand Final LCCK ini memperlombakan beberapa babak, yaitu : 
  1. Babak Presentasi/pengenalan KIM, yang mana setiap KIM harus mempresentasikan kegiatan yang di lakukannya selama ini.
  2. Babak Presentasi BLOG, di babak ini para anggota KIM harus menjelaskan tentang pengelolaan informasi di dalam media yang di milikinya.
  3. Babak Cerdik Cermat, pada babak ini setiap KIM harus menjawab pertanyaan yang di lontarkan oleh para juri dengan cara berebut.
  4. Babak Komunikasi Langsung, ini merupakan babak yang paling seru, karena setiap KIM harus membuat drama singkat sesuai dengan tema yang di berikan oleh juri.
Setelah ke 4 babak tersebut di lalui, tinggalah menantikan pengumuman nilai yang telah di bukukan oleh para juri yang hadir di acara Grand Final LCCK 2017. Setelah pengumuman keluar, ternyata KIM MOJO yang merupakan wakil dari Kota Surabaya berhasil menyabet juara pertama dan berhak untuk melaju ke babak berikutnya. 
KIM MOJO yang di ketuai oleh Aminnulah ini memperoleh nilai sebesar 238, yang kemudian di susul oleh KIM Citra Taruna Kenanga dari Kota Madiun dengan nilai sebesar 233 dan berhak memperoleh predikat sebagai juara ke-dua. Untuk Juara ke-tiga berhasil di sabet oleh KIM Tretes Taman Wisata Kabupaten Pasuruan dengan nilai sebesar 232.2. Sedangkan posisi juara ke-empat di dapatkan oleh KIM Sendang Putro dari Kabupaten Bojonegoro. 
Aminnullah selaku ketua dari KIM MOJO mengungkapkan bahwa timnya sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi acara Grand Final LCCK ini dengan sematang mungkin. "Kami akui, bahwa waktu kami sangat terbatas, apalagi agenda dari KIM Kota Surabaya sendiri juga cukup banyak"jelas Amin. "Namun berkat dukungan dari rekan-rekan KIM Kota Surabaya yang sebagian juga hadir di acara LCCK ini akhirnya membuat kami bersemangat ekstra...Terimakasih kami ucapkan kepada Dinkominfo Kota Surabaya, rekan-rekan KIM dan juga warga Kota Surabaya atas segala doa-nya" sambungnya.      
Ketika Manunggal menanyakan apa agenda kedepan setelah ini.., Aminnullah menjelaskan bahwa dirinya bersama Forum KIM Kota Surabaya masih akan fokus dalam pembentukan KIM di seluruh Kelurahan yang ada di Kota Surabaya. "InsyaAllah sebelum akhir tahun ini sudah akan terbentuk 154 KIM di Kota Surabaya"tuturnya. (Yanuar Yudha)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar