Kota Surabaya Mendapatkan 6 Ribu Blanko E-KTP

Kota Surabaya Mendapatkan 6 Ribu Blanko E-KTP

Swaraguna - Kota Surabaya Mendapatkan 6 Ribu Blanko E-KTP - Kabar sedikit melegakan bagi warga Kota Surabaya datang dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya. Hal ini di karenakan dinas yang berkantor di gedung Tunjungan tersebut baru saja mendapatkan jatah pembagian sebanyak 6 ribu lembar blangko KTP Elektronik. Blanko E-KTP ini berasal dari Kementerian Dalam Negeri. Namun tentu saja jumlah blanko e-KTP yang ada ini masih tidak akan secara langsung bisa mencukupi semua kebutuhan cetak KTP elektronik untuk warga Kota Surabaya.

Suharto Wardoyo selaku Kepala Dinas Kependudukan Kota Surabaya mengungkapkan,bahwa pada hari Kamis kemarin petugas dari Dispendukcapil berangkat langsung ke Jakarta untuk mengambil jatah blanko E-KTP di Kantor Kementrian Dalam Negeri. Di sini baru kemudian di ketahui bahwa Kota Surabaya hanya mendapatkan jatah sebanyak 6 ribu lembar. Karena banyak juga kota-kota lain yang kekurangan blanko, jadi harus di bagi-bagi secara merata. 

"Sebenarnya pada bulan April- dan bulan Mei lalu, Kota Surabaya mendapatkan sebanyak 88 ribu lembar blanko E-KTP" jelas Suharto. "Namun blanko tersebut sudah habis untuk melakukan cetak bagi pemohon yang telah melakukan perekaman data" imbuhnya. Tambahan blanko E-KTP sebanyak 6 ribu lembar ini nanti akan menambah jumlah E-KTP yang tercetak meskipun jumlahnya tidak signifikan.

Sekedar di ketahui bahwasannya, bahwa data rekam E-KTP warga Kota Surabaya yang yang telah siap untuk di cetak berjumlah 133 ribu. Tentunya tambahan 6 ribu lembar ini tidak akan mencukupi. Hal inilah yang kemudian menjadikan sumber keluhan dari masyarakat. Karena masyarakat menganggap kerja dari Dispendukcapil sangat lamban dalam pencetakan E-KTP. Padahal pembuatan E-KTP ini adalah tanggung jawab dari pemerintah pusat. Sementara warga Kota Surabaya yang belum melakukan perekaman data berjumlah 145 ribu jiwa.

Nantinya jumlah 6 ribu lembar E-KTP ini akan di prioritaskan bagi kecatamatan-kecamatan yang telah mempunyai alat cetak E-KTP. Di Kota Surabaya terdapat 17 Kecamatan yang telah mempunyai alat untuk mencetak KTP Elektronik, yaitu :

  1. Kecamatan Rungkut, 
  2. Kecamatan Wonocolo, 
  3. Kecamatan Gubeng, 
  4. Kecamatan Mulyorejo, 
  5. Kecamatan Tambaksari, 
  6. Kecamatan Tegalsari, 
  7. Kecamatan Wonokromo, 
  8. Kecamatan Simokerto, 
  9. Kecamatan Kenjeran, 
  10. Kecamatan Pabean Cantikan, 
  11. Kecamatan Semampir, 
  12. Kecamatan Sukomanunggal, 
  13. Kecamatan Tandes, 
  14. Kecamatan Sawahan, 
  15. Kecamatan Wiyung, 
  16. Kecamatan Benowo. 
Bagi kecamatan-kecamatan yang belum memiliki alat untuk mencetak E-KTP akan di perintahkan untuk merapat ke kecamatan terdekat. Rencananya pada tanggal 25 September 2017 nanti pihak Kemendagri akan kembali memberikan jatah blanko untuk E-KTP. Namun Suharto tidak bisa memastikan ada berapa jumlah blanko yang akan di terima oleh Kota Surabaya nanti. 

Yang pasti bagi warga yang belum melakukan perekaman data, segera datang ke kantor kecamatan atau ke Dispendukcapil Kota Surabaya. Suharto juga meminta warga Kota Surabaya yang belum menerima E-KTP harap bersabar. Dispendukcapil sampai saat ini juga masih menerima pembuatan suket (Surat Keterangan) sebagai pengganti E-KTP sementara. 

Perlu di ketahui, bahwasannya semua E-KTP berlaku seumur hidup. Jadi kalau KTP anda sudah berjenis elektronik maka otomatis E-KTP anda berlaku seumur hidup, meskipun di E-KTP tertera masa berlaku.

Suharto menjelaskan bahwa suket ini berfungsi layaknya E-KTP, namun apabila nantinya ada keluhan mengenai suket yang di tolak, warga bisa menghubungi kantor Dispendukcapil untuk kemudian bisa di lakukan penjelasan kepada pihak yang menolak tersebut. Karena selama ini juga banyak keluhan masyarakat mengenai di tolaknya suket, terutama untuk pengurusan perbankan dan pembuatan paspor. (Yanuar Yudha)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar