Cara Membeli Kartu E-Money

Cara Membeli Kartu E-Money 

Manunggal - Cara Membeli Kartu E-Money - Mulai tanggal 1 Oktober 2017 ini, semua gerbang toll telah menerapkan uang elektronik atau yang biasa di sebut dengan e-money. Penerapan e-money ini di galakkan pemerintah melalui Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Selain demi keamanan nasabah, dengan sedikitnya uang yang beredar, maka tingkat inflasi nasional dapat di tekan. Sejatinya penggunaan e-money ini belum jamak di lakukan. Namun di karenakan adanya kewajiban penggunaan e-money di jalan toll, maka masyarakat mulai berlomba-lomba mencari e-money. Lantas bagaimanakah cara membeli e-money...?

Bentuk fisik dari e-money ini adalah kartu, dengan ukuran yang menyerupai ATM. Pada bagian atas kartu, terdapat chip berwarna kuning ke-emasan yang menjadi bagian terpentingnya. Kalau di lihat dari segi fungsinya, e-money ini mirip dengan kartu debit yang di keluarkan oleh bank. Yaitu bisa di gunakan juga untuk berbelanja di gerai-gerai tertentu. Sama seperti ATM, e-money ini juga di keluarkan oleh pihak Bank.

Saat ini ada 5 jenis kartu e-money berdasarkan dari pihak bank yang mengeluarkannya, yaitu :

  • Flazz : Kartu e-money ini di keluarkan oleh Bank Central Asia (BCA). Produk ini di sebut juga dengan e-money Flazz BCA. 
  • Brizzi : Kartu e-money ini di keluarkan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). 
  • E-Money: Kartu e-money ini di keluarkan oleh Bank Mandiri. Selain e-money, Bank milik pemerintah ini juga mengeluarkan kertu yang bernama e-toll.
  • Tapcash : Kartu e-money ini di keluarkan oleh Bank Bank Nasional Indonesia (BNI)
  • Blink : Kartu e-money ini di keluarkan oleh Bank Tabungan Negara (BTN)
Dengan banyaknya pilihan tersebut, maka masyarakat bisa memilih sesuai dengan jenis rekening bank yang di milikinya. Namun, bagaimana dengan masyarakat yang tida memiliki rekening di ke-lima bank tersebut...?. Jangan khawatir kartu e-money ini juga di perjual belikan di gerai-gerai perbelanjaan tertentu. Seperti gerai Indomaret yang mengeluarkan e-money Indomaret yang bekerjasama dengan Bank Mandiri. Atau Superindo Flazz yang bekerjasama dengan Bank BCA. Proses pengisian kartu ini bisa dilakukan melalui kasir masing-masing.

Khusus bagi anda yang menjadi nasabah dari Bank BCA. Saat ini bank BCA juga telah telah menerbitkan kartu debit yang juga bisa berfungsi sebagai kartu e-money. Jadi tidak perlu lagi membeli kartu Flazz BCA sebagai kartu e-money. Bila ingin menggunakan sebagai pembayaran di jalan tol , anda cukup memakai kartu debit keluaran terbaru tersebut.

Selain membeli di bank dan gerai minimarket, e-money juga bisa di dapatkan di pintu masuk toll. Saat ini apabila anda memasuki jalur toll, maka di gerbang tol terdapat petugas yang menyediakan berbagai jenis e-money. Masyarakat bisa memilih beragam jenis e-money sesuai dengan yang di inginkannya. Rata-rata kartu e-money ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp 50.000. harga tersebut sudah termasuk nilai e-money sebesar Rp 40.000 di dalamnya.

Namun, pada tanggal 1 Oktober 2017 kemarin, banyak pemilik kartu e-money Flazz BCA yang kecewa. Hal ini lantaran sebagian gerbang tol masih belum bisa menerima pembayaran dengan kartu e-money Flazz. Sehingga pengguna Flazz terpaksa harus membeli kartu dari bank lain. Hal ini seperti yang di alami oleh Slamet Efendi, ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) GATMedia Kelurahan Gunung Anyar Tambak, "Awalnya saya beli e-money Flazz, namun ternyata ketika akan masuk tol Gempol belum bisa di pakai, terpaksa harus beli punya Bank Mandiri (E-Toll)" keluhnya. "Mosok rek, tiap tol bedo kartune, ngene iki jenenge gak praktis malah lebih ribet" sambungnya. (Yanuar Yudha).
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar