Kartu E-Money Gratis Segera Di Bagikan

Kartu E-Money Gratis Segera Di Bagikan

Swaraguna - Kartu E-Money Gratis Segera Di Bagikan - Sudahkah anda memiliki kartu E-money...?. Jika belum, anda harus segera memilikinya, Hal ini di karenakan hampir semua ruas jalan tol telah menerapkan E-Money sebagai alat pembayarannya. Penerapan sistim pembayaran uang elektronik ini, sejatinya telah di laksanakan sejak tanggal 1 Oktober 2017 lalu. Namun sayangnya, ternyata masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang penerapan e-money ini. Sehingga pada awal-awal penerapannya masih di warnai dengan kebingungan dari para pengendara kendaraan yang akan memasuki jalan tol.

Sebagaimana di ketahui, bahwasannya ada 4 bank BUMN dan 1 bank swata yang telah mengeluarkan e-money untuk pembayaran di jalan tol. Ke lima bank tersebut adalah :

  1. Bank Mandiri dengan nama E-Money
  2. Bank BRI dengan nama Brizzi
  3. Bank BNI dengan nama TapCash
  4. Bank BTN dengan nama Blink
  5. Bank BCA dengan nama Flazz
Kendala yang ada hingga saat ini adalah, ternyata belum semua kartu E-Money tersebut bisa di baca oleh alat yang terpasang di gardu jalan tol. Beberapa ruas jalan tol hanya melayani kartu E_Money tertentu saja. Hal ini tentu saja membingungkan pengendara yang akan melewati jalan tol. Mau-tidak mau pengendara harus mempunyai lebih dari satu kartu e-money jika ingin melintasi jalan tol, untuk sekedar berjaga-jaga bila kartunya tidak dapat di baca. 


Dari banyak komplain yang di upload di media sosial, ternyata banyak ruas jalan tol di jawa Timur ini yang belum siap untuk membaca kartu keluaran dari bank BCA. Kartu E-Money dari bank Mandiri adalah kartu yang saat ini paling bisa di andalkan untuk memasuki jalan tol. Pada tanggal 1 Oktober 2017 lalu, pihak Indomaret yang juga menjual kartu E-Money keluaran bank Mandiri sampai mengalami kehabisan stok. "Saya kemarin mau beli kartu E-Money di Indomaret, katanya masih kosong, sudah 2 mingguan ini kosong" jelas Andreas warga Rungkut Menanggal kepada Manunggal.

Hambatan-hambatan tersebut di atas tentunya akan sangat mengganggu program pemerintah dalam rangka melaksanakan program Gerakan Nasional Non Tunai. Untuk lebih menggalakkan lagi program tersebut, pemerintah akan melakukan pembagian kartu E-Money ini secara gratis. Program pemberian kartu E-Money gratis ini merupakan kerjasama dari Bank Indonesia selaku naungan dari bank penerbit kartu dan Badan Usaha jalan Tol (BUJT)

Tidak tanggung-tanggung, nantinya akan ada sebanyak 1.5 juta kartu E-Money yang akan di bagikan secara gratis. Kartu sebanyak itu, nantinya akan di sebar ke seluruh ruas jalan tol. Namun yang perlu di ingat, kartu E-Money gratis ini tidak termasuk saldo di dalamnya. Jadi, setelah mendapatkan kartu e-money gratis, pengendara tetap harus melakukan pengisian saldo untuk bisa membayar di jalan tol. 

Pembagian kartu E-Money gratis ini akan berlangsung mulai hari Senin tanggal 16 Oktober 2017 dan akan berakhir pada tanggal 31 Oktober 2017. Nantinya untuk 1 kendaraan hanya akan mendapatkan 1 kartu E-money gratis. Pungky Purnomo Wibowo, selaku Direktur Program Elektronifikasi dan Inklusi Keuangan BI mengingatkan bahwa kartu E-Money gratis ini di tujukan kepada pengendara yang belum mempunyai kartu toll. "kalau yang sudah punya, di harapkan tidak meminta lagi, mohon kejujurannya" tegasnya.        

Tujuan dari program ini, tentunya adalah tidak ada lagi pembayaran tunai di semua ruas tol. Pada tanggal 31 Oktober nanti semua kartu tol yang di keluarkan oleh bank, termasuk kartu e-money flazz yang di terbitkan oleh bank BCA sudah akan terbaca di semua gerbang tol. ( Yanuar Yudha) 
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar