Kementrian Kominfo Sediakan Satu Juta Domain Gratis Bagi Masyarakat

Swaraguna - Kementrian Kominfo Sediakan Satu Juta Domain Gratis Bagi Masyarakat - Rabu pagi (11/10/2017), Ruangan Area Traffic Control System (ATCS) yang berada di lantai 6, Gedung Pemerintah Kota Surabaya terasa sangat ramai. Sejak pukul 08.30wib satu-persatu tamu tampak keluar dari lift dan langsung melakukan registrasi di depan pintu ruangan ATCS. Rupanya hari ini sedang di laksanakan Pembinaan Rutin Kelompok Informasi Kota Surabaya (KIM). Tema dari pembinaan kali ini adalah "Cara Eksis Di Internet".

Pembinaan KIM Kota Surabaya kali ini berlangsung sangat istimewa. Hal ini di karenakan banyak sekali wajah-wajah baru yang hadir. Banyak dari anggota-anggota KIM yang baru ini, rupanya belum mengetahui lebih dalam, tentang apa tugas, pokok dan fungsi dari KIM itu sendiri. Untuk itu Novie Setiowati, selaku Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik memberikan sedikit gambaran mengenai tuposi dari KIM.  "Pada awalnya KIM di bentuk per-kecamatan, namun karena mengikuti peraturan dari Kementrian Kominfo, maka KIM sekarang di bentuk di setiap Kelurahan" jelas Novie.

Pada sesi tanya jawab, tampak beberapa anggota KIM yang baru ini menanyakan tentang legalitas dari KIM yang di kelolanya. "Apakah KIM berhak mencetak kop surat serta stempel dengan nama KIM?" tanya salah satu KIM dari kelurahan Simokerto. Suwardi dari KIM Pelangi dari Kelurahan Krembangan Selatan juga menanyakan mengenai apakah bisa para anggota KIM ini mendapatkan fasilitas BPJS dari Pemerintah Kota Surabaya. 

Menanggapi pertanyaan dari para anggota KIM ini, Novie menjelaskan, bahwa  sekarang ini, keberadaan KIM memang belum sekuat seperti Karang Taruna maupun organisasi pemerintah lainnya. "Namun kami tetap berusaha untuk memasukkan KIM ke peraturan Walikota"papar Novie. "Namun ini butuh proses yang tidak singkat, dan peran serta anggota KIM juga sangat di harapkan" sambung Novie. Dinkominfo sangat berharap anggota KIM ini bisa memberikan sumbangsih yang nyata bagi lingkungan dan masyarakat di sekitarnya, sehingga nanti akan mudah untuk di sampaikan keberadaannya ke Walikota Surabaya.
Dalam kesempatan ini Aminullah dari KIM Mojo juga memberikan sedikit paparan. Beliau menjelaskan bahwa peran KIM sangatlah penting untuk perkembangan suatu wilayahnya. "Peran Bapak dan Ibu sekalian sangatlah vital" jelas Babe. "Di tangan kitalah, Kota Surabaya akan menjadi lebih baik" sambungnya.

Setelah sesi tanya jawab tentang KIM selesai, selanjutnya Mei Sya Ardhi, selaku anggota dari Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) memberikan pemaparannya dalam rangka pembagian Satu Juta Domain Gratis bagi masyarakat. "Kami dari Relawan TIK akan membantu rekan-rekan KIM untuk mengelola Domain Gratis ini" Terang Ardhi. "Nantinya kami siap untuk membantu KIM tentang bagaimana mengelola blog dengan baik, bagaimana mengatur Search Engine Optimalisasinya (SEO), pembuatan konten dan lain sebagainya" sambungnya.

Program Satu Juta Domain Gratis ini sejatinya merupakan program yang di gagas sejak tahun 2016 silam. Program ini di tujukan untuk UKM, Organisasi, Sekolah maupun Webdesa. Untuk domain yang di sediakan adalah yang berakhiran co.id atau bisa juga org.id. Untuk tahun pertama para peserta akan mendapatkan secara gratis, namun untuk perpanjangannya pada tahun kedua akan di kenakan biaya sebesar Rp.75.000 (setahun). 

Melihat benefit yang sangat banyak dari program Satu Juta Domain Gratis ini, serta harganya yang tidak terlalu mahal untuk perpanjangannya, Novie sangat berharap anggota KIM Kota Surabaya bisa memanfaatkannya dengan baik. (Yanuar Yudha)  
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar